Friday 22 March 2013

7 Makanan Pemicu Perut Kembung


Maruli ~ PERUT kembung atau yang sering diitilahkan orang-orang dengan masuk angin merupakan kondisi yang akan membuat tidak nyaman. Di samping proses makan terlalu cepat atau konsumsi minuman berkarbonasi,
perut kembung juga dapat disebabkan oleh beberapa makanan. Beberapa makanan berikut merupakan pemicu perut kembung.

1. Kacang
Pelaku utama untuk menyebabkan gas berlebih dalam perut adalah kacang. Meskipun kacang merupakan camilan yang sehat, hindari konsumsinya secara berlebihan untuk mencegah perut menjadi tidak nyaman.

2. Brokoli dan asparagus
Sayuran seperti brokoli, asparagus, dan kubis brussel, mengandung banyak raffinose. Raffinose adalah trisakarida yang terdiri atas galaktosa, fruktosa, dan glukosa. Rasa manis itu membentuk zat yang juga mampu menghasilkan kelebihan gas saat dicerna.

3. Produk susu
Kecuali yoghurt, hampir semua produk susu menyebabkan kelebihan gas akibat jumlah laktosa. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya tubuh yang memiliki enzim laktosa akan mudah mencernanya.

4. Minuman ringan bersoda
Selain menambah kalori Anda, minuman berkarbonasi juga dapat menyebabkan kelebihan gas. Sebaiknya kurangi konsumsi jenis minuman yang satu ini untuk membuat pencernaan Anda tetap nyaman.

5. Makanan tinggi serat
Serat diperlukan untuk buang air besar tapi serat terlalu banyak dapat menyebabkan gas. atur jumlah serat dalam sehari. Pastikan Anda mengonsumsi serat yang bervariasi seperti buah dan sayur dengan jumlah yang cukup.

6. Jamur
Jamur juga mengandung gula yang disebut raffinose. Senyawa ini bertanggung jawab dalam bertambahnya jumlah gas jika dikonsumsi berlebihan.

7. Pasta
Jika Anda seorang pecinta makanan Italia, Anda pasti akan benci untuk membaca ini. Meskipun lezat, pasta bertanggung jawab untuk gas dan dapat menyebabkan kembung dan sendawa jika dikonsumsi berlebihan.

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar !!