Saturday 20 April 2013

Botol Ini Mampu Menjaga Pola Minum Manusia



Maruli ~ TEKNOLOGI memang ditujukan untuk meningkatkan taraf hidup manusia. Salah satunya adalah teknologi pembersihan air sehingga aman dan sehat untuk dikonsumsi manusia.



Ada teknologi pemurnian air yang digunakan pabrik di sumber mata air hingga untuk rumah. Ada juga teknologi pemurnian air yang dikemas dalam air botol. Maka tidaklah sulit untuk mendapatkan air yang layak konsumsi selama masih bisa mendapatkannya di warung atau toko terdekat.

Namun demikian, masih banyak orang yang kurang mengonsumsi air karena sering lupa dan banyaknya minum lain yang lebih enak rasanya. Sebuah perusahaan asal Estonia bernama Jomi melihat ini sebagai permasalahan yang perlu diperhatikan dan baru-baru ini memamerkan sebuah prototipe solusi ini, demikian dari TechCrunch, Selasa (16/04).

Produk yang disebut Sleeve ini dirancang untuk ditancapkan pada botol air dan secara berkala mengukur beratnya. Melalui konektivitas Bluetooth dan aplikasi di smartphone, produk ini menganalisis kebiasaan minum air penggunanya dan memperingatkan penggunanya bahwa hal ini serius.

Kebutuhan minum air manusia setiap harinya seminimalnya adalah delapan gelas atau sekitar 2,5 liter. Kebanyakan manusia hanya minum air pada saat merasakan haus dan menganggapnya sebagai pertanda dehidrasi ringan. Padahal, perasaan haus itu sendiri adalah gejala awal dehidrasi berat dan berbahaya bila tidak diperhatikan.

Walau mungkin tidak semua orang akan langsung merasa kurang mampu berkonsentrasi, efek buruknya adalah pada ginjal yang terus-menerus menyaring zat-zat berbahaya seperti pewarna dalam minuman. Hasilnya, adalah zat-zat ini akan menumpuk dengan cepat terutama bila kandungannya besar dalam minuman. Dengan banyak minum air putih, zat-zat ini akan mudah larut dan keluar bersama dengan urin tanpa tersangkut di dalam ginjal.

Sayangnya produk ini belum dipastikan ketersediaannya. Rencana Jomi adalah menawarkan Sleeve di situs Kickstarter yang memungkinkan banyak orang di dalamnya mendanai sehingga bisa diproduksi massal tanpa terikat dengan pabrik atau mitra perusahaan tertentu. Jomi juga sedang mempersiapkan versi lebih kecilnya di masa depan yang disebut Band yang akan menggunakan akselerometer. Bila sudah sempurna dan diproduksi massal, produk ini akan berguna bagi para penduduk kota besar terutama pekerja di kantor. Padatnya aktivitas memang terkadang membuat orang lupa untuk minum air putih.

Maruli

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar !!