Tuesday 16 October 2012

Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri

Seperti kita ketahui nih teman-teman, manusia di beri rakhmat berupa akal, manusia memiliki otak untuk berpikir. Otak manusia mempunyai lima bagian utama, yaitu otak besar (cerebrum), otak tengah (mesensefalon), otak kecil (cerebellum), jembatan varol dan sumsum sambung (medulla oblongata).


Nah otak besar kita itu yang memiliki dua bagian yaitu otak kanan dan otak kiri.


Apa sih Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri Manusia

Fungsi Otak Kananberfungsi dalam perkembangan emotional quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, dan melukis.

Sedangkan Fungsi otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Bagian otak ini merupakan pengendali intelligence quotient (IQ). Daya ingat otak bagian ini juga bersifat jangka pendek.

Jadi nih teman-teman, kalau ada teman kita yang jago matematika, berarti tuh anak adalah pengguna otak kiri. Tapi kalau ada yang suka ama seni, nah berarti tuh anak adalah penggunaan otak kanan lebih besar dari otak kiri.

Doug Hall mengatakan, dominasi kerja otak orang mempengaruhi kepribadian :

Si otak kanan : humoris, simple, menyenangkan, boros, lebih percaya intuisi, berantakan-kacau, ede = ekspresi diri, lebih memilih perasaan sebagai solusi masalah, suka bertualang, bermimpi besar, tukang sorak, “pelanggar aturan”, bebas, spontan.

Si otak kiri : serius, rumit, membosankan, hemat, lebih percayai fakta, rapi-terorganisir, ide = profitabilitas, lebih memilih keilmuan, hati-hati, berpengetahuan umum, pendukung diam, pembuat aturan, konservatif, mudah ditebak.

Ada 3 area pada otak besar, yaitu area sensori, motorik dan area asosiasi. Area sensori berfungsi pada penerimaan stimulasi dari reseptor ke indra. Area mototrik berfungsi merespons stimulasi yang sampai ke otak. Area asosiasi menghubungkan area sensori dan area motorik. Area ini sangat penting dalam proses belajar, seperti berpikir, membuat keputusan, menyimpan ingatan dan belajar bahasa.


sumber:blog.codingwear.com

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar !!