Friday 26 October 2012

Ini Dia Perbedaan 'Tak Mencolok' New iPad dan iPad 4


Diumumkannya iPad 4 terbukti telah membuat banyak pihak terkejut. Pasalnya, selain rumor tentang perangkat tersebut yang tak begitu bergaung, kemunculannya saat ini bisa dibilang terlalu cepat, mengingat
begitu singkatnya jarak waktu dengan peluncuran iPad sebelumnya. Apa yang dilakukan Apple pun lantas telah ‘melanggar’ siklus tahunan yang biasa dilakukannya untuk merilis produk baru.

Sebagai perangkat yang dihadirkan untuk ‘menggantikan’ generasi sebelumnya, iPad 4 tentu hadir dengan membawa beberapa penyegaran dan peningkatan. Lalu, apa saja peningkatan yang dibawa iPad 4, yang bisa membuatnya berbeda dengan New iPad (generasi ketiga) dan di mana persamaannya, yuk kita simak ulasan berikut yang dikutip PULSAonline via Techradar.

Layar
Baik iPad sebelumnya ataupun iPad 4 hadir dengan mengusung teknologi layar Retina Display. Walaupun hanya dipaket dengan kepadatan 264ppi, tidak seperti iPhone 5 yang memiliki kepadatan 326 ppi, iPad masih terdepan di sektor layar.

Kamera

Apple mungkin tidak melakukan upgrade di sektor layar, namun mereka melakukan upgrade di sektor kamera depan. Seperti diketahui iPad baru dilengkapi dengan kamera depan 0.3 MP yang menawarkan standar definition, sedangkan iPad 4 dibekali kamera HD 1.2 MP. Adapun di bagian belakangnya, kedua iPad tersebut tertancap sensor kamera dengan resolusi yang sama, yakni 5 megapiksel.

Prosesor
iPad baru yang dikembangkan di atas iPad2, datang dengan prosesor dual-core A5X 1GHz. Sementara iPad 4 diotaki oleh chip prosesor terbaru A6X berkecepatan 1.3GHz. Kedua prosesor tersebut masih menggunakan GPU quad-core.

Prosesor A6X terbaru tentunya bakal diharapkan memiliki performa lebih dahsyat, namun seberapa hebat kinerjanya tampaknya perlu diuji lebih jauh.

Baterai
iPad 4 dibekali sebuah baterai yang diklaim dapat menjaga kelangsungan hidup perangkat hingga 10 jam, begitupun dengan iPad baru. Apakah hal tersebut mengecewakan, tentu saja tidak. Tercatat, ketika dilakukan review, iPad baru (iPad 3), walau mengusung layar Retina Display beresolusi tinggi, kinerja baterainya diklaim ‘lebih dari yang diharapkan’.

Sistem Operasi
iPad 4 ketika diumumkan sudah mengusung sistem operasi paling anyar, iOS 6 yang telah dirilis Apple bersamaan dengan diumumkannya iPhone 5. Sementara iPad 3 memang hanya diluncurkan dengan iOS 5.1, namun sistem operasi pada iPad 3 bisa diupgrade ke iOS 6.

Konektivitas
Di sektor inilah perbedaan besar terlihat di antara dua generasi iPad tersebut. Penggunaan Lightning dock 8-pin terbaru, 80% lebih kecil dan lebih tahan ketimbang yang ditawarkan 30-pin.

Perbedaan utama lainnya terletak pada konektivitas Wi-Fi plus versi jaringan LTE yang ditawarkan. iPad 3 memang support untuk jaringan 4G, namun ternyata tidak bisa dimanfaatkan oleh penggunanya beberapa negera. Kini, kekurangan pada iPad 3 terkait konektivitas 4G LTE, telah ditambal di iPad 4 di mana konektivitas 4G LTE-nya kini bisa digunakan di banyak operator di luar Amerika termasuk di Inggris, salah satu negara yang jaringan 4G-nya tidak bisa dinikmati oleh para pengguna iPad 3.

Harga
Dengan diumumkannya iPad 4, mungkin banyak orang yang berpikir bahwa Apple akan membanderol iPad 3 dengan harga lebih murah. Namun hal itu tidak terjadi, Apple justru terlihat memiliki rencana untuk ‘mengeluarkan’ iPad generasi ketiga dari pasar. Pasalnya, baik iPad 4 dan iPad 3 ditawarkan dengan harga yang sama.


sumber:tabloidpulsa.co.id

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar !!