Wednesday 7 November 2012

5 Alasan Perawatan Kecantikan Wanita Sering Gagal

“Sudah ikut perawatan sana-sini tapi tak juga langsing..!”

“Sudah mencoba berbagai krim wajah tapi tak ada perubahan juga pada kulit..!”


Berbagai keluhan tersebut sering muncul dari para wanita. Tak sedikit wanita yang menghabiskan banyak uang untuk mencoba berbagai perawatan kecantikan, tetapi harus menerima pil pahit karena selalu gagal.
Tapi ingatkah Anda, tanpa sadar Anda sendiri yang menyebabkan kegagalan tersebut?
Efek instan
Para wanita sering menginginkan efek instan yang langsung terlihat. Well, kecuali Anda pergi ke tukang sulap, sepertinya hal itu tak mudah terjadi. Semua hal dalam tubuh manusia memerlukan proses untuk mengalami perubahan.

Idealnya, tubuh memerlukan perawatan yang terus menerus sesuai kondisinya untuk bisa menjadi lebih baik. Misalnya saja diet. Beberapa diet ekstrem bisa menjanjikan penurunan berat badan dalam 1-2 hari. Hal ini bisa saja terwujud.

Tapi yang terjadi bukanlah penurunan berat badan karena meluruhkan lemak tapi mengurangi jumlah air dalam tubuh. Hasilnya, dalam waktu yang singkat pula tubuh kembali ke berat asli. Ini yang sering disebut sebagai efek yoyo. Cepat turun, cepat juga naik.

Percayalah, tak ada produk kecantikan dan perawatan yang bisa membuat Anda seperti Cinderella dalam semalam. Jika ada, maka efeknya pun bisa jadi tak akan bertahan lama. Tubuh memerlukan proses untuk memperoleh hasil yang maksimal. Tak ada salahnya sedikit bersabar untuk hasil yang lebih tahan lama.

Produk palsu atau tanpa lisensi
Wanita kerap terjebak dengan godaan harga miring. Jamu, kosmetik, pemutih kulit, atau krim kecantikan yang palsu atau tak berlisensi banyak beredar di masyarakat. Sebaiknya jangan coba-coba dengan produk ini. Alasannya, selain hanya menghabiskan uang, tak ada yang akan bertanggungjawab jika terjadi sesuatu pada Anda.

Produk kecantikan atau perawatan tubuh yang beredar resmi umumnya sudah diujicoba keamanannya oleh badan tertentu. Di Indonesia, produk berlisensi resmi umumnya tertulis registrasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Untuk menghindari efek-efek yang tidak diinginkan tanpa ada yang bisa bertanggungjawab sebaiknya selalu beli produk resmi dan gerai-gerai yang resmi pula.

Tentu Anda tak ingin mengulangi kesalahan beberapa wanita yang pernah dimuat di media karena mengalami kondisi gawat atau tewas akibat coba-coba menggunakan produk kosmetik tanpa sumber yang jelas. Sayangi tubuh Anda. Harga yang lebih mahal anggaplah sebagai investasi untuk kesehatan dan keselamatan diri Anda secara jangka panjang.

Masing-masing tubuh unik
Apa yang sukses dicoba teman Anda, belum tentu akan berefek sama kepada Anda. Wanita banyak terjebak coba-coba produk kecantikan atau perawatan karena melihat efeknya pada teman. Tak ada salahnya mengikuti rekomendasil, tapi pelajari dulu dengan baik produk tersebut dan kecocokannya pada tubuh Anda.

Amati juga kebiasaan, gaya hidup, dan tubuh teman Anda sebagai perbandingan. Pelajari juga bagaimana ia menggunakan dan sudah berapa lama produk tersebut digunakannya. Hal-hal yang memengaruhi keberhasilan produk tersebut pada teman Anda harus dipelajari.

Jangan mudah terjebak godaan. Jika memungkinkan, coba sampel produk atau beli dalam kemasan kecil terlebih dahulu. Tak sedikit wanita yang menumpuk berbagai produk di meja riasnya hanya karena pembelian impulsif. Pembelian tanpa banyak pikir tersebut umumnya terjadi karena bujuk rayu teman atau terpicu melihat perubahan pada penampilan teman.

Konsistensi
Inilah penyebab utama kegagalan dalam perawatan tubuh atau kecantikan. Seperti sudah dibahas di poin pertama, tubuh memerlukan proses dan konsistensi untuk melakukan perubahan secara maksimal. Kerap kali, 1-2 kali mencoba dan tak ada hasil, wanita cepat menyerah dan beralih ke produk lain. Padahal perubahan tak akan terjadi dalam satu malam. Biasanya siklus ini sering berulang. Mencoba produk, merasa gagal, mencari lagi yang baru. Terus-menerus sampai Anda tak sadar berapa banyak uang yang Anda habiskan hanya karena Anda tak konsisten.

Diet yang hanya berlangsung 1 minggu atau perawatan wajah yang hanya dilakukan 1 bulan sekali tentu susah menimbulkan efek yang terlihat pada tubuh. Pelajari petunjuk pemakaian, seberapa sering Anda harus menggunakan produk atau pergi mengikut perawatan tubuh tersebut.

Konsisten juga termasuk dengan motivasi dan niat. Jika ingin menurunkan berat badan, kapsul secanggih apa pun tak akan bisa mempertahankan tubuh yang indah jika gaya hidup tak diubah. Anda tentu dalam hati tahu kalau penurunan badan yang sukses merupakan kombinasi diet, olahraga, gaya hidup sehat, dan bisa saja dengan tambahan perawatan. Jika hanya bergantung pada salah satunya tentu hasil maksimal akan sulit didapat.

Konsultasi ahli
Produk yang bisa ditemukan di konter kecantikan tanpa perlu berkonsultasi dengan ahli tentunya banyak tersebar. Anda pasti pernah mencoba-coba beberapa produk tersebut. Tak ada salahnya jika tak ada masalah dengan pemakaian dan sudah mencapai hasil yang diinginkan.

Tapi ingat, tubuh Anda bukan bahan eksperimen. Ingat kasus-kasus perawatan coba-coba yang berujung efek buruk permanen atau bahkan sampai mengorbankan nyawa.

Konsultasikan dengan ahli kesehatan tentang masalah wajah, tubuh, atau berat badan Anda. Masing-masing ahli bisa memberi masukan yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda setelah pemeriksaan. Berbeda dengan produk umum yang ditujukan untuk masyarakat luas secara umum. Jika Anda tak juga berhasil dengan produk umum, maka saatnya banting setir untuk menemui ahli kesehatan. Tubuh Anda yang sangat berharga tak pantas untuk diperlakukan sebagai ajang coba-coba.

Pernyataan ini mungkin klise, tapi penyesalan selalu datang belakangan. Percayalah, banyak wanita berharap bisa mengulang kembali keputusannya karena sering coba-coba produk atau perawatan. Akibatnya mereka malah harus merogoh kocek yang lebih dalam untuk memperbaiki efeknya. Jangan sampai ini terjadi pada Anda.

2 comments:

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar !!