Monday 28 January 2013

Eropa Menyetujui Pembuatan Laser Terkuat di Dunia

Laser terkuat akan segera menjadi kenyataan, komisi Eropa telah menyetujui laser terkuat di dunia ini dibuat dengan tujuan penelitian dan aspek menguntungkan lainnya. Bukan digunakan untuk senjata dan sebagai alat pemusnah lainnya. Proyek bernama Extreme Light Infrastructure (ELI) ini rencananya akan


 membuat tiga laser super pada tahun 2015. Ketiga Laser ini merupakan laser pertama yang beroperasi dalam skala eksawatt, 1 kuintiliun watt, kuintiliun adalah 10 pangkat 30.

Kekuatannya seribu kali lebih kuat daripada 10 miliar lampu 100 watt. Laser keempat akan segera dibuat. Kekuatannya dua kali daripada ketiga laser yang segera dibuat. Itulah yang akan jadi laser terkuat yang mungkin dibuat.

Laser super ini akan punya banyak kegunaan: diagnosis dan penanganan kanker, membersihkan limbah nuklir, industri, penelitian kimia molekul, serta pengembangan nanosains. Beberapa negara bersaing untuk menjadi tempat percobaab laser. Sementara ini, penelitian akan ditempatkan di Republik Ceko, Hungaria, dan Rumania.

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar !!