Wednesday 9 January 2013

Lima Langkah Strategis Bagi Pembeli Rumah Pertama

Membeli rumah pertama kali memang membingungkan. Keputusan strategis mesti dilakukan, karena, kesalahan sedikit saja bisa menghadirkan ketidakpuasan dan kerugian.


Untuk itu, ada lima hal yang mesti perhatikan sebelum membeli rumah pertama Anda.

Temukan Bank dan Agen Berkualitas
Untuk memulainya, Anda harus mendapatkan perbankan yang mampu memberikan pembiayaan dengan cicilan sesuai kemampuan. Setelah itu, temukan agen properti terpercaya yang dapat mewakili Anda dalam bertransaksi.

Agen properti tersebut harus profesional—setidaknya mampu menjual lima properti dalam setahun—serta mengerti seluk-beluk lokasi yang Anda incar dan proses pembeliannya. Untuk memastikan, sebaiknya periksa lisensi si agen dan lakukan interview agar Anda benar-benar nyaman memakai jasanya.

Miliki Setidaknya Lima Tahun
Saat kisaran harga sudah diketahui dan properti sudah dilihat, pastikan Anda memiliki properti tersebut setidaknya lima tahun. Pasalnya, pemilik properti pada dasarnya tidak memiliki ekuitas pada propertinya dalam lima tahun—atau titik impas (break even point) investasi baru tercapai pada tahun kelima. Lebih lama Anda miliki, akan lebih baik. Faktanya, memiliki properti dalam jangka waktu yang lama adalah jalan untuk memeroleh kekayaan.

Mengedukasi Diri Sendiri
Membeli properti mungkin merupakan hal yang paling kompleks, berisiko, dan mahal dalam hidup Anda. Ada baiknya Anda mengedukasi diri sendiri—seperti mengikuti berbagai seminar properti, mencari informasi melalui bacaan atau secara online, serta bertanya pada teman yang sudah pernah pembeli properti. Makin banyak mencari informasi, makin sedikit kemungkinan Anda salah langkah.

Temukan Properti yang TerjangkauBanyak konsumen yang membeli properti termahal yang dia mampu. Ini adalah kesalahan besar. Anda juga harus mempertimbangkan jika sewaktu-waktu Anda kehilangan pekerjaan atau menabung untuk pendidikan anak-anak. Properti seharusnya menjadi aset yang terjangkau, bukan aset yang menghabiskan uang Anda.

Jangan Terburu-buruSecara umum, perlu waktu enam bulan atau lebih untuk menemukan properti yang sesuai keinginan. Pastikan Anda mengerti properti apa yang ada di pasar, yang sesuai dengan ini kocek Anda. Jangan terburu-buru mengambil keputusan, karena bisa saja keinginan membutakan realitas yang ada di lapangan.

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar !!