Wednesday 30 January 2013

Sakit Kepala Bisa Jadi Tumor Kalau Tandanya Ini

Sebesar 99 persen sakit kepala yang dialami orang bukanlah tumor. Tapi sakit kepala jangan dianggap remeh. Kadang sakit kepala bisa jadi pertanda tumor kalau sudah mengalami tanda-tanda ini.


Menurut Dr Santiago Medina dari Miami Children's Hospital, setiap 4.000 anak yang sakit kepala, seseorang akan mengalami tumor otak. Tentu saja, tidak ada cara sederhana untuk mengetahui apakah sakit kepala Anda adalah tumor otak, tapi dokter memiliki caranya dari melihat kategori bendera merah.

Pertama, 50%-60% dari semua orang dengan tumor otak tidak memiliki sakit kepala sama sekali. Kedua, sakit kepala Anda bisa masuk ke dalam semua kategori bendera merah dan Anda tidak bisa memiliki kanker. Ketiga, sakit kepala Anda bisa masuk dalam kategori ini dan Anda masih bisa memiliki tumor otak.

Berikut kategori bendera merah dari dokter ketika Anda sakit kepala seperti dikutip dari CNN, Rabu (28/11/2012):

Bendera merah nomor 1: Sakit kepala ini baru untuk Anda

Jika Anda tidak biasa sakit kepala, atau jika ini adalah jenis yang berbeda dari sakit kepala dari yang biasanya Anda miliki, yang bisa menjadi tanda peringatan.

Bendera merah nomor 2: Sakit kepala disertai gejala lain

Barnett mengatakan dia jarang melihat seorang pasien tumor otak yang hanya gejala sakit kepala. Sebagian besar orang tersebut juga mengalami gejala lain seperti mual, pusing, atau muntah. Kadang-kadang tanda-tanda yang lebih jelas, seperti kejang, kesulitan bicara, kelemahan pada tungkai atau masalah dengan penglihatan tepi.

Bendera merah nomor 3: Sakit kepala mulai ketika bangun pagi

Biasanya, ketika seseorang memiliki tumor otak, sakit kepala mulai di pagi hari sering disertai dengan mual dan muntah. "Sakit kepala yang datang sehari-hari dan memburuk di malam hari biasanya tidak terkait dengan tumor otak," tambahnya. "Mereka lebih terkait dengan stres kehidupan sehari-hari."

Bendera merah nomor 4: Sakit kepala menjadi lebih buruk

Jika sakit kepala Anda menjadi lebih buruk sehari-hari, minggu, atau bulan, bisa menjadi tanda peringatan.

Bendera merah nomor 5: Sesuatu yang terlihat tidak benar

Anda dapat memiliki satupun dari bendera merah dan masih memiliki tumor otak. Jika suara hati Anda, atau suara hati dokter Anda, mengatakan ada sesuatu yang serius dan salah, dengarkan.

"Pedoman hanya pedoman," kata Medina. "Ada kasus di mana ibu mengatakan anak saya tidak beres, atau dokter mengatakan anaknya tidak beres, meskipun aku tidak bisa menempatkan jari di atasnya, dan kami melakukan pencitraan pada anak-anak"

2 comments:

  1. apa beda nya kanker sama tumor a?..
    by:neneng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di posting berikutnya,
      silahkan terus kunjungi catatan maruli family untuk mendapatkan jawabannya

      Delete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar !!