Wednesday 16 April 2014

2 Cara Terbaik Untuk Mempertajam Otak


 Seiring bertambahnya usia menjaga kesehatan dan ketajaman otak sama pentingnya dengan menjaga
kesehatan dan kebugaran tubuh. Seperti tubuh yang membutuhkan olahraga, otak juga butuh dilatih agar tetap cemerlang.

Berikut adalah dua cara terbaik untuk mempertajam otak, berdasarkan saran dari peneliti di Harvard Medical School, seperti dilansir oleh Third Age (12/02).

1. Pekerjaan menantang
Para ahli dari harvard Medical School menyarankan untuk melakukan pekerjaan yang menantang kinerja otak setiap harinya. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan pekerjaan menantang setiap hari memiliki otak yang lebih cemerlang dibandingkan orang yang pekerjaannya tetap dan membosankan. Jika pekerjaan Anda tetap setiap hari dan sedikit membosankan, sebaiknya lakukan hal yang menyenangkan di waktu lain, misalkan melakukan hobi yang menantang atau belajar bahasa asing.

Selain itu, peneliti dari University of California juga menunjukkan bahwa gaya hidup dan kesehatan tubuh berpengaruh pada kesehatan otak. Orang yang rajin berolahraga dan tidak merokok berkemungkinan lebih besar memiliki otak yang tajam hingga tua

2. Aktif berkomunikasi
Tak hanya pekerjaan yang menantang dan membuat otak bekerja, berkomunikasi dengan orang lain juga membuat otak semakin aktif. Selain itu, berkomunikasi dengan orang lain juga mengurangi efek stres dan depresi pada otak.

Dr Gary Small dari UCLA menjelaskan bahwa orang yang mudah bergaul memiliki ketajaman otak yang lebih baik ketika menua dibandingkan dengan orang yang tertutup. Untuk itu, Anda bisa mulai aktif berkomunikasi atau memperluas pergaulan Anda untuk menjaga otak tetap sehat.

Dua cara di atas bisa Anda lakukan untuk menjaga ketajaman otak dan membuat otak tetap aktif. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar !!