Sunday 7 April 2013

Tips Meningkatkan Kemampuan Programming

Maru ~ Programmer adalah sesuatu profesi yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Untuk dapat menjadi programmer yang dicari oleh banyak perusahaan maka perlu dilakukannya peningkatan kemampuan programming. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan diantaranya adalah:



Meningkatkan kemampuan logic
Logic atau logika adalah dasar bagi seorang programmer membuat program aplikasi. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan logika seseorang diantaranya adalah dengan berlatih programming puzzles atau sering dikenal dengan algoritma. Hal ini dapat dilakukan dengan mengerjakan soal-soal algoritma seperti, Membalikkan kata, Menghitung bilangan prima, menghitung bilangan faktor, dsb atau bisa mencoba soal-soal yang ada diportal:
- Programming Praxis ( http://programmingpraxis.com/ )
- Facebook Engineering Puzzles ( https://facebook.interviewstreet.com/recruit/challenges )

Mempelajari code code dari programmer lain
Salah satu cara meningkatkan kemampuan programming dapat juga dilakukan dengan mempelajari code-code dari programmer lain. Hal ini dilakukan untuk mempelajari bagaimana code tersebut dibentuk kemudian untuk alasan apa code tersebut dibuat serta apa yang dapat dihasilkan dari code-code yang sudah dibangun tersebut. Selain meningkatkan pengetahuan akan berbagai macam code, hal ini dapat juga meningkatkan kemampuan seseorang untuk berpikir kritis.

Bergabung dengan komunitas programmer
Didunia maya banyak sekali komunitas programmer yang dapat menjadi tempat bagi programmer pemula untuk belajar. Pada komunitas tersebut, seorang programmer bisa mendapatkan berbagai pengetahuan mengenai programming mulai dari logika, sintax, cara pembentukkan code sampai pada konfigurasinya, semuanya ini disampaikan oleh berbagai pemikiran dan sudut pandang dari anggota komunitas tersebut.

Mengerjakan project-project aplikasi
Karena kebutuhan informasi yang meningkat untuk berbagai bidang bisnis dan kehidupan maka saat ini muncul banyak permintaan pembuatan aplikasi sistem informasi. Dengan adanya kebutuhan ini maka dapat membuka kesempatan bagi rekan-rekan programmer untuk dapat mengembangkan kemampuan programmingnya dengan cara terjun langsung dalam pembuatan sistem informasi tersebut. Sistem informasi yang dibutuhkan memiliki kriteria dan tujuan yang berbeda-beda. Sehingga bentuk dari sistem informasi tersebut juga akan berbeda. Dengan demikian logika yang dibutuhkan dalam pembentukkannya juga akan berbeda. Dengan adanya kondisi ini maka secara tidak langsung rekan-rekan programmer dapat mengasah kemampuanya untuk menginterpretasikan kebutuhan sistem informasi secara teknikal melalui pembuatan code-code berdasarkan logika programmer dalam menerjemahkan kebutuhan bisnis.

Mempelajari beberapa jenis bahasa pemogramman
Bagi rekan –rekan programmer yang sudah sangat mengerti konsep pemogramman maka tidak akan mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa pemogramman lainnya. Dengan adanya konsep pemograman yang baik , programmer hanya tinggal mempelajari sintax-sintax ,cara penulisan code, konfigurasi untuk bahasa pemogramman tertentu. Untuk mempelajari hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan browsing-browsing atau bergabung dengan forum forum yang secara khisus membahas mengenai bahasa pemogramman tertentu.

~

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar !!