Thursday 16 May 2013

Manfaat Tersembunyi Konsumsi Buah Apel


~ Gue suka banget makan buah. Hampir tiap hari gue selalu makan buah. Dulu kan diajarin tuh, makan 4 sehat 5 sempurna tuh harus ada buahnya. Nah makanya gue nggak pernah kelewatan yang namanya makan buah. Buah favorit gue pun banyak! Mulai dari semangka, jeruk, mangga, jambu, sampai duren, gue suka semua! Tapi ada 1 yang gue suka banget, apel.



Karena gue suka makan apel, gue pun cari tahu soal kandungan dan manfaat apel. Kandungan nutrisinya emang menyehatkan banget. Misalnya aja, konsumsi 1 buah apel itu bisa mengurangi asupan kalori sebanyak 15%. Jadi kalau apel itu dimakan sebelum makan, misalnya nasi, kalori yang kebuang itu kira-kira sekitar 185 kalori.

Terus gue pun penasaran sama manfaatnya. Banyak yang bilang apel tuh bisa mengurangi berat badan. Ada juga yang bilang apel bisa mencegah asma lah, mencegah kanker, melindungi tulang, meningkatkan kesehatan kulit, sampai menyehatkan mata. Setelah gue cari dan baca, emang benar semua sih. Banyak penelitian yang mendukung pernyataan-pernyataan tadi.

Tapi ada 1 yang cukup menarik perhatian gue. Ternyata apel itu bermanfaat juga untuk menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol diabetes. Kalau apel dikonsumsi secara teratur, misalnya 2 buah apel per hari aja deh, lemak jahat dalam tubuh tuh bisa berkurang sebanyak 16% lho!

Satu lagi, untuk kalian yang menderita diabetes, apel tuh buah yang harus banget kalian makan. Soalnya, meski rasanya manis, tapi apel bisa mengontrol kadar gula dalam darah secara efektif. Kandungan pectin yang ada di apel dapat menurunkan kebutuhan tubuh untuk melepaskan insulin, sehingga pankreas tidak bekerja terlalu keras.

Nah, masih ragu untuk makan apel tiap hari? Langsing dan menyehatkan lho!

M

No comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar !!